Visi
“Menjadikan Lulusannnya sebagai lulusan Para ”JUARA”, yang memiliki keunggulan pada ranah Apektif, Kognitif, Psikomotor yang didasari oleh nilai-nilai yang tercermin dalam Profil Pelajar Pancasila, sehingga mampu bersaing di Era Global”.
Misi
Untuk mencapai visi dan membentuk Karakter Profil Pelajar Pancasila, maka SMA Negeri 15 Garut menetapkan misi sebagai berikut :
- Membangun lingkungan sekolah yang membentuk peserta didik memiliki akhlak mulia melalui rutinitas kegiatan keagamaan dan menerapkan ajaran agama. serta sekolah yang bertolenransi dalam kebhinekaan global, mencintai budaya lokal, dan menjunjung nilai gotong royong.
- Mewujudkan lembaga pendidikan yang mampu membangun insan ”juara” yang beriman, berakhlak mulia, cerdas, kreatif dan kompetitif, untuk memenuhi Costumer Satisfaction di Era Global.
- Penataan kapasitas kelembagaan; manajemen, organisasi, administrasi, budaya mutu dan sistem informasi
- Pengembangan kurikulum dan inovasi pembelajaran
- Pengembangan kapasistas Sumber Daya Manusia yang efektif,efesien dan produktif
- Peningkatan kemampuan akuntabilitas dalam pembiayaan
- Peningkatan keterampilan enterpreneur
- Penguatan kerjasama kemitraan dengan Orangtua, masyarakat dan pihak lain yang terkait dalam pengembangan Lembaga pendidikan
Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dalam jangka waktu 3-4 tahun ke depan adalah bahwa pada tahun 2020-2024, SMA Negeri 15 Garut mampu:
- memenuhi kepuasan Pelanggan (costumer satisfaction), dengan tata kelola manajemen mutu yang juara (good governance) di setiap unit kerja.
- mengembangkan budaya sekolah yang religius melalui kegiatan keagamaan
- melaksanakan pendekatan pembelajaran aktif pada semua mata pelajaran berbasis IT dan berbasis Karakter Bangsa.
- dapat enyelenggarakan berbagai kegiatan sosial dan enterprener yang menjadi bagian dari pendidikan karakter bangsa.Menerapkan sikap gotong royong di sekolah dan lingkungan masyarakat atau manenjalin kerja sama kemitraan dengan lembaga lain dalam merealisasikan program sekolah.
- memanfaatkan dan memelihara fasilitas pendukung proses pembelajaran berbasis TIK
- Mampu bersaing dalam berbagai kompetensi akademik dan nonakademik.
- Merancang pembelajaran yang bangga akan potensi daerah.
- Menyelenggarakan sistem penilaian dengan sistem digitalisasi
- Merancang program sekolah untuk mengenalkan implementasi kebhinekaan global di masyarakat.
- Melaksanakan pembelajaran untuk mengasah kemampuan literasi dan numerasi.
- Membangun budaya dan kultur sekolah yang kompetitif yang positif.
- Menyediakan fasilitas untuk mengembangkan kreativitas, inovasi dan minat bakat peserta didik.